Senin, 13 November 2017

PERANAN & FUNGSI FRONT OFFICE DI HOTEL

Hallo :D:D , kepada pembaca saya ucapakan salam sejahtera bagi kita semua. Pertama-tama saya ingin memperkenalkan diri saya terlebih dahulu yaaa readers, nama saya Lusi Lukiana kebetulan saya mahasiswa perhotelan di STP SAHID Jakbar. Tujuan saya membuat blog ini adalah selain bagian dari tugas yang diberikan dosen saya , juga diharapkan kepada para pembaca agar bisa membantu readers tentang pengetahuan akan FRONT OFFICE di hotel :)



Salah satu  unsur akomodasi pada industri Pariwisata kita adalah Perhotelan. Pada saat ini saya akan membahas tentang unsur akomodasi Perhotelan ini, khususnya Font Office Hotel (Kantor Depan Hotel).

Pertama yang harus kalian tahu adalah pengertian dari FRONT OFFICE HOTEL dahulu ya readers.
Menurut fungsinya, VALLEN mengemukakan bahwa FRONT OFFICE IS THE HEART, THE HUB, AND THE NERVE CENTRE OF ACTIVITY (HOTEL ACTIVITY).

Dapat di artikan bahwa FRONT OFFICE  adalah bagian departement yang sangat penting di hotel karena berhubungan dengan aktivitas hotel baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika diuraikan fungsinya yaitu ;
FUNGSI FRONT OFFICE DEPARTEMENT


  • Menjual Akomodasi Hotel
  • Menyambut dan mendaftar tamu-tamu yang akan check – in & check out
  • Melayani pemesanan kamar
  • Memantau perkembangan situasi kamar (Room Status) secara akurat
  • Menyiapkan berkas-berkas pembayaran tamu (Guest bill)
  • Menangani semua surat yang masuk ke dalam dan keluar hotel
  • Menangani fasilitas komunikasi
  • Melayani dan memberikan informasi serta permintaan-permintaan pelayanan lainnya
  • Melayani, menampung, menyelesaikan keluhan tamu
  • Melayani penitipan barang-barang berharga
  • Melakukan kerja sama yang baik dengan departemen lain untuk kelancaran operasional hotel


PERANAN FRONT OFFICE
Front Office mempunyai macam-macam peran. Ada 8 peran penting dari Front Office Departemnt, antara lain :
  • Merupakan Wakil dari Manajemen (Management Representative), dalam keadaan tertentu front office dapat berperan sebagai wakil dari manajemen, seperti menyelesaikan masalah tertentu yang biasanya diselesaikan oleh pihak manajemen.
  • Orang-orang Yang Mampu Menjual (Sale Person), setiap mereka yang berada di front office diharuskan mampu dan memiliki Salesmanship, karena pada front office ini lebih banyak berhubungan dengan tamu dibandingkan departemen lain. Selain menjual produk hotel  seperti kamar, juga mampu menjual fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Hotel.
  • Pemberi Informasi (Information Giver), petugas yang berada di front office diharapkan mampu memberikan keterangan yang jelas dan benar tentang fasilitas dan produk hotel dan harus mengetahui kejadian-kejadian serta peristiwa-peristiwa penting diluar hotel yang berhubungan dengan kebutuhan tamu.
  • Penyimpan Data (Record Keeper), Front office departement merupakan sumber dan pusat penyimpanan data dalam kegiatan-kegiatan sehari-hari dihotel.
  • Dapat Melakukan Tindakan Secara Diplomatis (Diplomatic Agent), Front office mampu melakukan tindakan secara diplomatis yaitu menjaga dan menetralisir suasana hubungan baik dengan pihak lain yang berhubungan dengan hotel.
  • Pemecah Masalah (Problem Solver), Sebagai The Hub of Activities, front office merupakan tempat untuk menyelesaikan masalah tamu, terutama keluhan-keluhan tamu.
  • Sebagai Wakil dari Hubungan Masyarakat (Public Relations Agent), karyawan front office harus dapat berperan secara aktif sebagai orang yang berhubungan dengan masyarakat, terutama masyarakat pengunjung yang datang kehotel. Diharapkan dapat berperan sebagai internal public reletions yang memberikan citra baik terhadap tamu hotel.
  • Sebagai Koordinator Kegiatan Pelayanan (Service Coodinator),  front office juga berperan sebagai tempat koodinator pelayanan informasi dan kegiatan departemen lain di komunikasikan melalui Front Office.

Selain peran dan fungsi nya saya juga ingin menulis section(bagian) serta tugasnya dalam FRONT OFFICE HOTEL .
TUGAS 7 SECTION FRONT OFFICE 
  • Reservation Section , memiliki tugas yakni Menerima pemesanan kamar tamu serta menkonfirmasikannya, Membuat  perkiraan jumlah tamu  untuk periode harian, mingguan, bulanan dan tahunan, Membuat daftar tamu yang akan check in maupun check out.

  • Registeration Section , memiliki tugas yakni Memproses kegiatan check in - check out & memproses data.
  • Concierge Section, Memiliki tugas utama yakni memberikan pelayanan umum kepada tamu yang ada di lobby (check in,check out,order taxi,mengambil obat, menduplicat kunci, mengambil welcome drink dan lain lain).
  • Information Section, bertugas untuk memberikan segala informasi kepada tamu yang ada di hotel baik informasi yang ditanyakan atau tidak ditanyakan sendiri oleh tamu.Seperti informasi tentang tempat wisata dll.
  • Telecommunication Section, bertugas untuk pelayanan penyambungan telephone baik dalam kota maupun luar, melayani permintaan wake up call.
  • Front Office Cashier Section, Tugas dari seorang front cashier adalah membantu tamu untuk melakukan transaksi pembayaran bill kamar serta pemakain lainnya yang menyangkut tentang hotel.
  • Guest & Relation Offer Section, tugas utamanya adalah menjalin komunikasi yang baik dengan customer. Mengerti apa yang diperlukan oleh customer, memenuhi segala harapan customer.


Dannnn itu semua adalah pengertian tentang FRONT OFFICE DIHOTEL serta peran dan tugas-tugasnya yang dapat saya tulis pada blog saya ini, besar harapan saya agar blog saya ini dapat membantu reades dalam ilmu FRONT OFFICE HOTEL semogaaaaaa dapat bermanfaat yaaaaaa!!! 
Tidak ada gading yang tak retak, maka dari itu saya ucapkan maaf jika blog saya yang pertama kali saya buat ini masih kurang dari kesumpurnaan dan jika terdapat kesalahan mohon di benarkan saya sangat amat senang jika readers mau berbagi saran maupun kritik pada blog saya ini. TERIMAKSIH !! HAVE A NICE DAY !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar